Jalan Nasional Dikerjakan Asal-asalan, PT Krakatau Bumi Kalasan Dilaporkan ke KPK

JAMBI – Sejumlah tokoh masyarakat dan LSM di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi mengecam keras pengerjaan
rehab ruas jalan nasional di kabupaten Kerinci sedang berjalan pada saat ini yang dikerjakan asal-asalan. Akibatnya perusahaan yang mengerjakan jalan ini dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Proyek yang dikerjakan PT. Krakatau Bumi Kalasan, dengan pagu dana Rp. 4.392.372.000.00 tersebut bersumber dari dana APBN 2018.

“Telihat pekerjaan di beberapa lokasi, sungguh sangat memperihatinkan,” Kata Yoseprizal ketua LSM Fakta kabupaten Kerinci dan team ketika dihubungi jambidaily.com.

“Proyek pengaspalan Hotmix yang dikerjakan PT. Krakatau Bumi Kalasan diduga asal jadi, terlihat dari potongan-potongan aspal yang hendak dibongkar, kerja ‘pecingan’ ada juga terlihat beberapa lokasi yang tidak dibongkar, cuma ditimpa saja dengan aspal dan bekas pecingan-pecingan yang telah di aspal, juga telah banyak terjadi penurunan drastis,” Ujar Yosef.

Lebih lajut yosef menuturkan bahwa proyek juga diduga tanpa pengawasan dan tanpa papan nama sehingga minin informasi

“Dampaknya, tidak ada pengawasan sedikitpun dari pihak dinas SNVT pelaksanaan jalan nasional wilayah II provinsi Jambi dan rambu kelengkapan kerja pun terlihat tidak mencukupi, seperti papan nama proyek, barak kerja (basecamp). Papan nama proyek itu berguna agar masyarakat dapat mengetahui, bersumber dana dari mana pekerjaan tersebut,” Tambah Yosef.

“Apa lagi kabupaten Kerinci saat ini dalam suasana pemilihan kepala daerah, yang berlangsung sebentar lagi, nah! bisa saja, proyek tersebut dijadikan bahan pencitraan bagi kontraktor dan calon kepala daerah yang akan terpilih saat ini,” Tegas yosep.

Lapor KPK

Sejumlah tokoh masyarakat di Kerinci menduga pengerjaan jalan nasional ini berpotensi korupsi. Karena itu proyek ini dan perusahaan nya yang mengerjakan nya dilaporkan ke KPK.

“Kami juga melaporkan proyek ini ke Tipikor Polda Jambi dan Kejaksaan Tinggi Jambi,” kata seorang tokoh masyarakat Kerinci yang tidak bersedia ditulis namanya.

Pimpinan PT. Krakatau Bumi Kalasan ketika dihubungi di kantor nya Jalan . Abdul Muis No. 27 RT. 043 Kel. Lingkar Selatan Jambi, tidak berhasil ditemui. Tidak ada aktivitas di kantor PT yang kini dalam pantauan penegak hukum di Jambi itu. (Dedy)

banner 468x60

Subscribe

No Responses

Leave a Reply